Kamis, 04 Maret 2010

warta warga

Bagaimana sih proses metabolisme tubuh manusia?





Proses metabolisme dilakukan tubuh untuk memperoleh energi guna menjalankan aktivitas tubuh
Berawal dari makanan yang masuk ke dalam tubuh kita lewat mulut.
Pada prinsipnya manusia adalah heterotrof, artinya kita tidak bisa mensintesis makanan sendiri tidak seperti tumbuhan. Jadi kita perlu asupan makanan.
Makanan yang kita makan adalah makromolekul(karbohidrat, protein, lemak).
Padahal yang diperlukan tubuh kita adalah senyawa yang paling sederhana (seperti glukosa, asam amino, gliserol dan asam amino) untuk menjalani metabolisme di dalam sel menghasilkan energi.
Karena itu makromolekul tadi dicerna dalam saluran pencernaan selanjutnya hasil pencernaan akan dibawa oleh darah dan disebarkan ke seluruh tubuh.

Nah proses metabolisme di dalam sel itu melalui beberapa rangkaian, singkatnya seperti ini.
Glukosa di dalam sitoplasma akan mengalami glikolisis sehingga menghasilkan hasil bersih berupa ATP(energi siap pakai) dan NADH(nanti akan diubah menjadi ATP pada tranpor elektron) serta Asam Piruvat. Asam piruvat akan memasuki tahapan dekarboksilali oksidatif menghasilkan NADH dan Asetil Koenzim A. Aetil Koenzim A akan memasuki siklus Asam Sitrat yang menghasilkan GTP(bisa dikatakan sejenis ATP), NADH dan FADH2(sejenis dengan NADH) dan Karbon dioksida (yang akan dikeluarkan dari sel dan selanjutnya disalurkan darah ke paru-paru untuk dikeluarkan). NADH dan FADH2 selanjutnya mengalami transpor elektron di matriks mitokondria menghasilkan ATP-ATP.

Untuk asam lemak dan glierol serta asam amino akan diubah menjadi senyawa antara yang dapat memasuki jalur glikolisis dan selanjutnya.
Metabolisme di atas dikenal sebagai repirasi sel.
Sebenarnya metabolime tubuh kita sangan kompleks sekali. Yang saya tulis di atas hanya katabolisme dasar untuk menghailkan energi.
Metabolisme lainnya reaki-reaksinya sangat kompleks dan berkaitan satu sama lain..
Mempelajarinya akan mengingatkan kita pada kebesaran Tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar