Rabu, 03 Maret 2010

Ilmu Budaya Dasar


MAKALAH

ILMU BUDAYA DASAR

PERANAN BUDAYA LOKAL MEMPERKOKOH BUDAYA BANGSA

DISUSUN OLEH:

Nama : ANDRI EKAYANI

NPM : 16109909

Kelas : 1KA26

Program Sistem Informasi

Universitas Gunadarma Kampus “J” Kalimalang

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, Sehingga Makalah Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar ini dapat saya selesaikan guna sebagai salah satu tugas yang diberikan dosen mata kuliah Ilmu Budaya Dasar sebagai salah satu mata kuliah softskill.

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pengampu mata kuliah Ilmu Sosial Dasar yang telah memberi kesempatan kapada saya untuk merampungkan tugas makalah ini. Tugas makalah yang berjudul “Peranan Budaya Lokal Memperkokoh Budaya Bangsa”. Sebuah makalah yang mengupas hal-hal yang berkaitan dengan sebuah mahalnya eksitensi budaya bangsa indonesia di mata dunia maupun di rumah sendiri.

Saya sadar, bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, saya terus mengharapkan bimbingan dari dosen pengampu mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Agar dilain waktu, tugas – tugas yang diberikan oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar dapat saya kerjakan lebih baik lagi. Harapan saya, semoga makalah ini dapat berguna bagi para pembacanya. Akhirnya saya ucapkan terima kasih. Akhir kata. Wassalamualaikum.

Bekasi,maret 2010

Penulis

BAB I

PENDAHULUAN

Latar belakang

Kebudayaan merupakan suatu produk kreasi manusia yang di arahkan untuk kepentingan Kehidupan manusia agar lebih beadab dalam kreativitas yang di lakukanya dan lebih Berkembang dalam kreasinya, sehingga kebudayaan bermanfaat dalam kehidupan Manusia.

Indonesia adalah Negara yang memiliki aneka ragam budaya yang bervariasi keindahannya,segenap bangsa lain pun mengakui estetika keharmonisannya.adanya proses globalisasi terhadap kemajuan bangsa Mendorong rakyat indonesia lebih berkembang dalam mempertahankan budayanya Agar dapat kuat atau bertahan dalam pengaruh globalisasi yang terus –menerus Meningkat,

Segala upaya ini di lakukan agar apa yang rakyat Indonesia alami sekarang bisa meyeimbangkan kondisi yang sangat krisis dalam pembangunan fundamental kebudayaan yang dapat di arahkan untuk Meningkatkan dan meyokong kesejahteraan rakyat Indonesia.baik dari ekonomi maupun social dan politik.

TUJUAN

Kebudayaan sebenarnya suatu masyarakat tentang semua kehidupannya di masa Lampau maupun masa yang akan datang yang sangat beraneka ragam,

Sedangkan kesenian hal yang terpenting dalam budaya yang menghasilkan sebuah Karya manusia yang dapat di lakukan bersama-bersama dalam suatu masyarakat lokal Maupun budaya bangsa agar kesenian dapat berkembang dan meningkat dalam Ketahanan budaya bangsa.

Oleh karena itu tujuannya dapat berupaya mengembangkan kesenian yang telah tumbuh pada nilai –nilai budaya lokal agar kebudayaan maupun kesenian dapat lebih eksis dalam kehidupan manusia di budaya bangsa ini.

SASARAN

  • Demi mencapai struktur sosial dalam daya dukung lingkungan yang lebih terarah agar lebih harmonis dalam strukturisasi budaya bangsa, Agar modal budaya dan modal sosial dapat tersebar dengan baik dalam pola pengembangan untuk pertahanan bangsa.
  • Meninggikan kreativitas dari bebagai kesenian,dan budaya.
  • Dan agar tujuan ketahanan kebudayaan bangsa dapat tercapai dan terhindar dari pengaruh budaya asing.

BAB II

PERMASALAHAN

KEKUATAN

Bangsa indonesia banyak memiliki ragam budaya dan kesenian yang patut dibanggakan.bangsa lain pun menaruh perhatian khusus didalamnya.segi budaya yang mencorong,masyarakat yang ramah tamah dalam musyawarah.itu adalah hal yang harus dipertahankan keberadaannya.dari itulah pusat tata pertahanan bangsa dapat diperjuangkan..

Budaya bangsa harus lebih tangguh dalam menyeimbangkan kekuatan nasional agar dapat mengatasi ke gangguan dari dunia luar yang ingin merusaknya,

KELEMAHAN

  1. masyarakat Indonesia masih kurang memahami, segala informasi tentang sesuatu yang ada di dalam bangsa ini, karena lemahnya perhitungan karya oleh masyarakata yang membuat kurang pedulinya terhadap budaya dan produk dalam negeri, yang selalu membeli produk dari pengeksporan luar negeri.
  2. Budaya lokal masih belum meningkatkan kualitas dan kurang memperhatikan tentang fungsi peta yang gunanya untuk menunjukan informasi-informasi umum, yaitu seperti: memberitahukan jalan, di mana letak kita berada dll’
  3. Bangsa Indonesia sampai saat ini masih bingung akan jati diri bangsa, karena rakyat Indonesia belum terlalu memahami tentang pentingnya arti dari jati diri itu sendiri maka dari itu rakyat Indonesia cepat terpengaruh dengan budaya luar atau bangsa.
  4. Pembangunan budaya lokal masih belum optimal karena belum berwawasan kebudayaan, karena rakyat Indonesia terpengaruh terhadap budaya luar
  5. Kurang optimalnya standar kehidupan Indonesia dalam gaya memakai baju,selalu mengikuti etika budaya luar yang mengakibatkan hilangnya jati diri bangsa.

PELUANG


- Apreasiasi masyarakat yang besar dalam memperjaungkan kebudayaan.

- Kesenian-kesenian tradisional yang ada di budaya lokal terpilih untuk di artikulasikan sesuai dengan perkembangan sosial yang ada di budaya lokal, agar mudah mendorong terhadap nilai-nilai kesenian dan budaya.

- Mendorong dinamika kesenian menjadi kreasi yang sangat unik agar manusia tertarik dan ingin memperajarinya, dan untuk kelengkapan kehidupanya sehari-hari.

  • Tantangan

Budaya bangsa mempunyai tantangan dalam mengembangkan budaya untuk memajukan bangsa, tetapi banyak tantangan yang harus di hadapi sangat banyak yaitu budaya asing yang selalu memengaruhi budaya indonesia, sehingga makin curam keberadaanya.

Untuk itu, budaya bangsa akan selalu memperkokoh ketahanan agar budaya luar tidak tidak bisa memengaruhi budaya bangsa, dengan cara meningkatkan kualitas budaya lokal dan melestarikannya dengan itu budaya lokal akan berkembang dengan baik.

BAB III

PENUTUP

  • Kesimpulan

Pada dasarnya bangsa indonesia banyak memiliki ragam budaya yang bercorak.

Kesenian yang bermacam-macam adat dan budayanya,tapi karena adanya pengaruh dari budaya asing maka keberadaanya mulai meragu sedikit demi sidikit.

Untuk itu kita sebagai warga masyarakat yang baik,hendaklah lakukan yang terbaik untuk mempertahankan budaya kita,agar tidak pupus dimakan masa.

  • Rekomendasi (arahan pribadi):

a) Bersama-sama antara pemerintah dengan segenap ruang masyarakat saling bergotong royong dalam menyatukan kekuatan untuk mempertahankan budaya secara optimal,agar kepribadian budaya bangsa seutuhnya dapat terjaga dengan baik dan terpelihara.

b) Budaya bangsa harus berpegang teguh pada arahan positif,supaya budaya asing yang di nilai terkesan kurang baik dapat terkontrol secara seksama dan tidak terkontaminasi pada arah negative.

c) Bangsa Indonesia agar lebih memperhatikan lagi eksitensi peradaban budaya bangsa dengan tujuan menyongsong harga diri budaya bangsa Indonesia di mata dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar